Beberapa Aspek yang Perlu Diperhatikan dalam Pertimbangan Memilih Karyawan

Karyawan atau tenaga kerja dalam suatu perusahaan adalah aset yang sangat penting. Karena itulah karyawan harus ada dalam sebuah perusahaan agar kegiatan perusahaan bisa berjalan dengan baik dan lancar. Namun, karyawan yang bisa dipilih untuk bekerja di suatu perusahaan tidak boleh asal. Karyawan yang dipilih untuk dipekerjakan di suatu perusahaan harus melalui beberapa seleksi dan dipilih berdasarkan beberapa pertimbangan memilih karyawan.

pertimbangan memilih karyawan

Beberapa pertimbangan memilih karyawan oleh Biro Psikologi di Yogyakarta Laksita Educare Insight

Saran dari biro psikologi Yogyakarta Laksita Educare Insight dalam memilih karyawan, ada beberapa pertimbangan memilih karyawan yang harus diperhatikan agar kegiatan perusahaan yang berkaitan bisa berjalan lancar, efektif dan efisien tanpa hambatan. Beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam memilih karyawan diantaranya adalah kapabilitas, kapasitas, kreativitas, karakter, kredibilitas, kompatibilitas dan komitmen.

Kapabilitas berkaitan dengan kemampuan dasar yang dimiliki seseorang untuk melakukan pekerjaannya. Kapabilitas berhubungan dengan kecerdasan dan berpikir seseorang. Kapabilitas perlu dipertimbangkan dalam memilih karyawan karena kapabilitas suatu karyawan bisa mempengaruhi kelancaran aktivitas perusahaan. Selain kapabilitas, kapasitas dan kreativitas juga menjadi aspek lain yang harus dipertimbangkan dalam memilih karyawan. Semakin baik kapasitas dan kreativitas seseorang, maka pekerjaan akan menjadi lebih efektif dan efisien. Karena itulah kapasitas dan kreativitas menjadi aspek penting yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan calon karyawan suatu perusahaan.

Kapabilitas, kapasitas dan kreativitas adalah kemampuan dasar yang dimiliki seseorang. Selain kemampuan dasar, pertimbangan memilih karyawan juga harus memperhatikan aspek kepribadian calon karyawan seperti karakter, kredibilitas, komitmen dan kompatibilitas. calon karyawan dengan karakter yang baik sebaiknya lebih diprioritaskan karena karakter ini berhubungan dengan hal-hal yang berkaitan dengan emosi. Selain karakter, kredibilitas, komitmen dan kompatibilitas juga sangat penting untuk dipertimbangkan dalam pemilihan karyawan. Kredibilitas adalah kejujuran, integritas dan kemampuan karyawan dalam memikul tanggung jawab. Komitmen adalah rasa tanggung jawab dan kemampuan seseorang dalam memikul dan menyelesaikan tugas dalam kondisi apapun. Sedangkan kompatibilitas adalah kecocokan calon karywan dengan budaya perusahaan yang berkaitan. Kompatibilitas karyawan bisa ditunjukkan dengan melihat apakah seorang karyawan bisa berkerja sama dalam sebuah tim di perusahaan terkait.

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × two =

WhatsApp chat WhatsApp Kami