Cara Memilih Tayangan TV Yang Tepat Untuk Si Kecil

Banyak sekarang ini TV yang menayangkan acara tidak berpendidikan, justru merus merusak pemikiran anak. Sehingga tidak heran jika banyak stasiun TV yang mendapat kritikan. Anda tidak ingin kan jika si kecil ini menonton acara TV yang salah dan berujung pada dampak negatif. Orangtua aman sih yang mau seperti itu, iya kan! Setiap orangtua pastinya menginginkan hal yang terbaik untuk buah hatinya. Nah, untuk itu Anda harus selektif dalam memberikan kebebasan si kecil nonton acara TV. Karena tidak semua acara yang TV mendidik. Oleh karena, Anda harus pintar memilih acara yang ditanyangkan TV. Yang menjadi pertanyaan sekarang, bagaimana cara memilih tayangan TV yang tepat? Ini beberapa trik tepat dari konsultasi psikologi jogja tentang memilihkan tontonan yang aman untuk si kecil :

cara memilih tayangan TV

Memilih Tayangan TV Yang Tepat Untuk Anak

Tetapkan tayangan dan jam nonton TV

Setiap kali si kecil menonton acara TV yang mendidik segera tetapkan jadwalnya. Supaya tidak berubah-ubah jadwal nonton tayangan TV. Sebagai orangtua Anda juga harus menentukan jadwal jam berapa si kecil ini boleh nonton TV, jangan lupa sertakan juga sampai jam berapa anak ini boleh nonton TV. Tentukan juga acara apa yang boleh dilihatnya agar si kecil tidak sembarangan menonton acara yang ditayangkan di TV.

Baca Juga  Mengajarkan Disiplin Pada Anak Karena Disiplin Bukan Warisan

Jangan terlalu sering nonton TV

Terlalu memberi kebebasan yang berlebihan pada si kecil sehingga ia sering nonton TV tidak baik. Mengapa? Karena TV bukan satu-satunya media hiburan, tetapi masih lainnya yang bisa memberikan hiburan. Seperti cerita tentang pengalaman, membaca buku bersama-sama, melakukan kegiatan percobaan dan masih banyak lainnya yang bisa dilakukan. Jadi mendapat hiburan bukan hanya dari TV saja, masih banyak cara lain yang bisa digunakan.

Hindari TV menjelang tidur

Jika si kecil memiliki kebiasaan menonton TV menjelang tidur mulai sekarang harus ditinggalkan. Karena kebiasaan tersebut tidak baik, sebab acara yang ditayangkan TV semakin malam tidak mendidik. Tayangan TV kalau sudah larut malam biasanya diisi dengan acara orang dewasa. Sehingga jika si kecil ini ikut melihatnya tidak baik untuk pertumbuhan otaknya. Selain itu juga larangan nonton TV ini bertujuan agar si kecil memiliki jam tidur yang teratur.

Demikian itu adalah beberapa cara memilih tayangan TV yang tepat untuk si kecil yang dapat Anda terapkan. Sebenarnya masih banyak cara lainnya yang bisa Anda gunakan. Semoga informasi yang kali ini kami berikan mengenai trik memilih tayangan TV yang tepat untuk si kecil bermanfaat. Jika membutuhkan layanan konsultasi mengenai tumbuh kembang anak silahkan hubungi layanan konseling anak dan psikolog remaja Jogja di Laksita Educare melalui WhatsApp di 08170434500. Ada tersedia beragam layanan bermanfaat untuk anak diantaranya tes iq dan tes penjurusan sekolah untuk putra-putri Anda.

Review Kami
Klik untuk memberikan review!
[Total: Average: ]

Add a Comment