Kejujuran Memberikan Kita Ketentraman

Saat kita perlu memahami bagaimana ketidakjujuran mampu menghancurkan hidup kita, maka juga perlu memahami apa yang terjadi ketika kita menaklukannya. Kita akan melihat apa yang terjadi ketika kita menaklukkannya. Orang orang yang mempunyai integrity, ketulusan hati mengalami kehidupan pada tingkat yang berbeda. Lebih mulia, lebih bermakna dan lebih berguna. Berikut adalah beberapa alasan bahwa kejujuran memberikan kita ketentraman hidup.

Kejujuran Memberikan Kita Ketentraman

Kedamaian pikiran
Mungkin kita perlu mengingat kembali kehidupan kita di masa lalu, dan merasa malu atas hal hal yang tidak jujur yang kita katakan dan lakukan. Walaupun mungkin butuh waktu cukup lama bagi kita untuk menyadari bahwa ketidakjujuran adalah salah satu bagian diri terburuk kita. Karakter dan reputasi yang kita bentuk selama hidup adalah kunci untuk meraih keberhasilan. Kebiasaan buruk juga merupakan halangan untuk membangun karakter dan reputasi. Kalau ketidakjujuran mampu menghacurkan sebuah hubungan, maka kejujuran akan mampu mempererat hubungan. Aspek paling penting dalam sebuah hubungan yang baik adalah kepercayaan. Kepercayaan dibutuhkan dalam seluruh bagian kehidupan persahabatan, perkawinan keluarga, bisnis, pendidikan atau agama. Kejujuran dan kepercayaan akan mampu menciptakan suasana di mana hubungan yang baik dapat tumbuh dan berkembang.

Kesempurnaan
Seorang psikolog terkenal Cal Jung mengatakan bahwa keinginan kita yang terdalam adalah kesempurnaan. Sebelum kita mampu merasakan kesempurnaan, maka kita akan selalu merasa kosong pada puncak eksistensi kita. Satu satunya cara untuk mengisinya adalah ketulusan hati ketulusan hatilah yang membuat kita sempurna.

Kesehatan mental dan fisik
Jika ketidak jujuran adalah akar dari banyak permasalahan psikologis kita, maka kejujuran adalah sumber kesehatan mental. Jika ketidakjujuran menyerang susunan saraf kita maka kejujuran memperkuat susunan saraf. Ketika kita jujur kita membebaskan diri sendiri dari peraasaan bersalah khawatir dan bentuk kegelisahan jiwa lainnya.

Dengan persaingan yang ketat serta tuntutan standar kehidupan yang terus meningkat, bukan berarti kita harus mengesampingkan pentingnya kejujuran dalam segala hal. Tetaplah untuk selalu jujur dalam kondisi sesulit apapun, karena kejujuran memberikan kita ketentraman hidup. Apalah arti kesuksesan dan kemewahan tanpa adanya ketentraman hidup.

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four + twenty =

WhatsApp chat WhatsApp Kami