Keseimbangan Bekerja dan Bermain

Ketika anda mendengar atau membaca nama Thomas Alfa Edision dan Albert Einstein pasti dua nama tersebut tidak akan membuat anda berpikir tentang humor dan permainan. Tapi faktanya adalah kedua orang itu menghubungkan kesuksesan mereka dalam bagian yang serius dari kehidupan dengan hal lain yang kurang serius. Keduanya menemukan lebih dulu bahwa bekerja terlalu keras atau berpikir terlalu intens dalam jangka waktu lama dapat lebih merugikan dibandingkan manfaatnya. Karena itulah maka orang memerlukan jeda dalam pekerjaannya dan mengapa murid murid sekolah di berikan liburan. Salah satu tujuannya adalah untuk menjaga sebuah keseimbangan bekerja dan bermain.

keseimbangan bekerja dan bermain

Kisah tentang kemampuan Edison untuk bekerja berjam-jam dan menahan ribuan rasa frustasi hampir sudah menjadi legenda. Namun ada kisah yang tidak sepopuler kisah itu yaitu metode Edision untuk menolong dirinya sendiri selama bekerja dalam mengerjakan terobosan sainsnya yang terkenal itu. Edison menaruh sebuah ranjang dalam laboratoriumnya. Dia kerap beristirahat di atasnya karena dia tahu hanya dengan kondisi yang tenang pikirannya bisa bekerja paling kreatif. Edison yang juga menemukan bahwa humor membuat pikirannya jernih. Sebagai tambahan untuk memelihara ratusan buku catatannya yang penuh dengan rumus sains, dia mengisi beberapa diantarannya dengan humor. Dia menemukan bahwa gambar-gambar komik bermanfaat bagi dirinya dan juga stafnya. Dia menggunakan itu sebagai pereda ketegangan dan pembangun moral. Dia mengatakan bahwa orang orang yang tertawa bersama dapat bekerja lebih lama dan lebih giat dan dengan lebih efektif.

Apa yang umumnya orang pikirkan ketika mendengar nama Albert Einstein ? Jenius/brilian? Fisikawan / teori relativitas? Barangkali semuanya. Tapi berdasarkan pengalaman Einsten sendiri bahwa beberapa kunci untuk bisa hidup adalah sebuah kesederhanaan, fantasi, dan permainan. Dia berkata setiap hal sebaiknya dibuat sesederhana mungkin, dia berbicara di hadapan sekelompok mahasiswa Princeton bahwa dia tidak akan memiliki ketertarikan dalam hukum fisika jika semua hukum tersebut tidak bisa dibuat sederhana. Satu dari banyak cara Einsten membuat segala sesuatu menjadi simpel adalah dengan bermain. Orang-orang yang telah meneliti kehidupannya terkejut mendapati bahwa einstein adalah orang yang suka bermain-main. Dia begitu dikelilingi hal-hal konyol tentang ide-ide dan angka-angka, karena dia tau bahwa semua penemuannya pada akhirnya datang melalui permainan. Einstein mempunyai pelajaran besar bagi kita, bahwa dengan bermain merupakan salah satu cara paling efektif untuk menyederhanakan hidup. Bermain adalah hal yang sering kita lakukan pada saat kita semasa anak-anak dan terlalu sering kita lupakan di masa-masa selanjutnya. Tidak perlu malu jika kita kadang kita masih melakukan beberapa permainan, karena bagaimanapun kita harus mampu menjaga keseimbangan bekerja dan bermain. Beruntung bagi anda yang masih memiliki anak kecil di keluarga atau lingkungan anda karena anda dapat meluangkan waktu dengan anak-anak di sekitar anda dengan permainan yang menarik dan mendidik.

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − five =

WhatsApp chat WhatsApp Kami