Meningkatkan Motorik Kasar dan Halus Pada Anak Dengan Permainan

Dunia anak-anak adalah bermain. Anak-anak ini menyukai permainan, sehingga ada istilah untuk dunia anak yakni bermain sambil belajar, bukan belajar sambil bermain. Karena makna yang terkandung didalamnya berbeda. Dalam melakukan bermain sambil belajar bisa diterapkan dengan menggunakan alat peraga. Adapun penggunaan alat peraga ini bisa meningkatkan kemampuan anak otak anak, diantaranya kemampuan motorik kasar dan halus, berbahasa, seni, emosional dan bersosialisa. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi cara meningkatkan kemampuan motorik kasar dan halus pada anak. Bagaimana caranya? Berikut dibawah ini adalah cara meningkatkan motorik kasar dan halus pada anak :

meningkatkan motorik kasar dan halus pada anak

Beberapa permainan yang meningkatkan motorik kasar dan halus anak

Menggambar, mewarnai, melipat dan mengelem kertas
Untuk meningkatkan kemampuan menggambar pada anak, Anda tinggal meminta anak menggambarkan apa yang disukainya. Setelah selesai menggambar, minta anak untuk mewarnai hasil gambarnya tersebut dengan hati-hati agar tidak keluar dari garisnya. Sehingga hasil mewarna gambar yang didapatkan rapi. Sedangkan pada melipat dan mengelem kertas menjadi sebuah bentuk benda yang lucu, maka Anda harus selalu mendampinginya. Permainan ini melatih kemampuan anak dalam motorik halusnya.

Kursi musik
Adapun permainan ini membutuhkan beberapa kursi dan alat musik yang akan diputar. Aturan permainannya adalah jika musik anak dipersilakan untuk menari, setelah musik berhenti anak harus mencarai tempat duduk dan mengurangi satu kursi dari jumlah anak. Mudahkan! Caranya, yaitu misalnya ada 12 anak namun kursi yang disediakan hanya 11 jumlahnya. Jika permaian ini dimulai dan ketika dihentikan ada 1 orang anak tidak mendapat tempat duduk, maka anak tersebut keluar dari permainan. Permainan ini terus dilanjutkan sampai mendapatkan 1 pemenang. Permainan kursi musik ini bermanfaat sekali bagi anak untuk melatih ketrampilan motorik kasar.

Lempar, tangkap dan tendang bola
Dalam permainan lempar, tangkap dan tendang bola bisa menggunakan berbagai ukuran disesuaikan dengan usia anak. Sedangkan cara melakukan permainan ini sangatlah mudah sekali, yaitu melemparkan bola ke anak kemudian ia disuruh menangkapkan. Selanjutnya berbalik peran anak yang melempar Anda yang menangkap. Atau bisa juga Anda mengajarkan cara menendang bola, kemudian Anda membalas tendangan bolanya. Kegiatan ini melatih meningkatkan motorik kasar pada anak.

Itulah beberapa cara meningkatkan motorik kasar dan halus pada anak yang dapat Anda terapkan. Semoga informasi yang kali ini kami berikan tentang cara meningkatkan kemampuan motorik halus dan kasar dengan menggunakan permainan bermanfaat.

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 3 =

WhatsApp chat WhatsApp Kami