Tes IQ Untuk Masuk Kelas Akselerasi Berapa Skornya

Tes iq untuk masuk kelas akselerasi merupakan psikotes yang ditempuh oleh para siswa yang akan masuk ke kelas untuk anak-anak dengan tingkat intelegensia tinggi. Program akselerasi atau percepatan belajar atau merupakan sebuah wadah yang disediakan oleh sekolah untuk siswa khusus yang dinilai mempunyai keunggulan serta berprestasi secara akademis. Para siswa yang ada pada kelas akselerasi merupakan pelajar pilihan karena mereka akan menjalani sistem pembelajaran yang tidak sama dengan siswa yang berada di dalam kelas reguler. Wajar saja karena siswa kelas akselerasi dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mengikuti pola pembelajaran yang tergolong cepat

Selain itu siswa kelas percepatan juga dituntut mampu mencari dan mempelajari materi belajar dari luar sekolah seperti internet dan sebagainya. Hal ini dikarenakan waktu pembelajaran mereka di kelas akselerasi cukup singkat, padat dan cepat. Karena itu para siswa di kelas ini diwajibkan untuk giat dan rajin belajar serta berlatih soal sekalipun di luar jam sekolah.

Nilai Minimum Tes IQ Untuk Masuk Kelas Akselerasi

Dengan berdasarkan pada keputusan Asosiasi MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) Akselerasi semua jenjang pendidikan se-Indonesia bahwa untuk masuk kelas akselerasi siswa harus memiliki skor minimal Tes IQ 130. Tentunya hal ini sudah melalui banyak pertimbangan karena jika nilai skor IQ dibawah 130 dikhawatirkan siswa tidak dapat mengikuti materi pembelajaran di kelas akselerasi dengan baik.

Baca Juga  Hal-Hal yang Dapat Membebaskan Anak Dari Bahaya Narkoba

Kelas akselerasi sekilas terlihat seperti disediakan untuk anak-anak unggulan. Walaupun begitu tidak kemudian setiap anak yang selalu menjadi juara di kelas dengan nilai tertinggi sudah pasti bisa masuk ke dalam kelas akselerasi. Seperti disampaikan di atas bahwa kelas ini hanya diperuntukkan bagi siswa dengan tingkat kecerdasan 130 ke atas.

Kelas percepatan merupakan sebuah tantangan bagi sebagian siswa yang memenuhi kriteria, walaupun mungkin ada juga siswa yang tidak siap meskipun memiliki IQ diatas 130.

tes iq untuk masuk kelas akselerasi

Perbedaan Kelas Akselerasi dan Reguler

Dengan tingkat kecerdasan yang tidak sama dengan siswa yang berada di kelas reguler maka tentu saja ada beberapa perbedaan antara kelas regular dan kelas akselerasi. Untuk siswa SMU yang berada di kelas akselerasi atau percepatan akan dapat lulus dalam kurun waktu hanya dua tahun karena siswa kelas akselerasi akan naik kelas setiap 6 bulan. Berbeda dengan siswa reguler yang harus menempuh masa pendidikan selama tiga tahun untuk menyelesaikan masa studi tingkat SMU nya.

Selain itu jumlah siswa di kelas akselerasi umumnya lebih sedikit dibandingkan jumlah siswa di kelas regular pada umumnya. Dengan jumlah siswa yang tidak banyak maka tentunya hal ini akan semakin mendukung proses pembelajaran bagi siswa dan guru menjadi semakin baik.

Materi belajar yang sangat padat dan cepat juga membuat kelas percepatan menjadi lebih banyak tugas atau PR serta ujian atau ulangan.

Baca Juga  Surat Rekomendasi Psikolog Untuk Masuk SD Manfaat dan Biaya

Tempat dan Biaya Tes IQ Untuk Masuk Kelas Akselerasi

Tes IQ untuk masuk kelas akselerasi dapat diperoleh melalui beberapa biro psikologi yang menyediakan layanan psikotes tersebut. Tes ini akan dilaksanakan dengan membutuhkan waktu sekitar 1.5 jam. Selesai pelaksanaan psikotes maka hasil tes tersebut akan diskoring dan diinterprestasikan dalam bentuk sebuah laporan yang disebut HPP atau hasil pemeriksaan psikologis. Hasil ini kemudian dapat digunakan sebagai surat keterangan atau surat rekomendasi sesuai dengan kebutuhan. Lama waktu hasil diserahkan sejak dari pelaksanaan psikotes cukup bervariasi, namun di Biro Psikologi Laksita Educare hasil dapat diperoleh relative lebih cepat dengan biaya Tes IQ yang sangat terjangkau.

Hasil dari Tes IQ tersebut akan menunjukkan nilai atau skor IQ yang dimiliki peserta tes dalam hal ini siswa, apakah skor tersebut sesuai dengan kriteria atau syarat minimum yang ditentukan sekolah untuk masuk kelas akselerasi atau tidak.

Pelaksanaan Tes IQ dapat dilakukan secara individu di kantor biro psikologi maupun klasikal, sehingga dapat dilaksanakan juga di sekolah apabila memang dibutuhkan.

Jika saat ini Anda atau kerabat sedang membutuhkan layanan Tes IQ untuk masuk kelas akselerasi maka dapat menghubungi Customer Service Lembaga Psikologi Jogja Laksita Educare melalui WhatsApp atau klik https://go.lei.co.id/wa

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp WhatsApp Kami