Mengajarkan Disiplin Pada Anak Karena Disiplin Bukan Warisan

Sikap disiplin yang ada pada diri seseorang bukanlah warisan, melainkan sikap ini butuh latihan untuk menerapkan dan mengajarkan disiplin pada anak. Jadi bukan berarti orangtuanya disiplin kemudian sang anak ini mewarisinya. Tidak! Sebab mempunyai sikap disiplin membutuhkan latihan yang cukup lama, yaitu diawali dari kebiasaan sehari-hari. Nah, untuk itu jika Anda ingin buah hatinya disiplin, maka Anda harus mengajarkannya mulai sekarang. Jangan mengajarkan sikap disiplin menunggu besar, sebaiknya ajarkan sejak usia dini. Lalu, bagaimana cara mengajarkan disiplin ini pada anak? Yuk, kita simak lansirannya dibawah ini.

mengajarkan disiplin pada anak

Ini beberapa cara mengajarkan anak sikap disiplin

Membuat rutinitas yang konsisten
Pertama kali yang harus anda lakukan adalah menerapkan kegiatan yang konsisten. Dengan cara ini anak akan belajar untuk bersikap disiplin. Kegiatan yang dilakukan secara konsisten akan menumbuhkan sikap disiplin pada anak. Selain itu juga anak akan mengerti betapa pentingnya sikap disiplin ini baginya untuk kehidupan dimasa yang akan datang. Jika dalam situasi dan kondisi yang sama berikan respon serupa, tujuannya agar anak bahwa peraturan yang ditetapkan atau disepakati harus ditaati.

Mengalihkan perhatian
Melatih disiplin lainnya bisa dengan menggunakan cara mengalihkan perhatian. Misalnya, anak terlalu lama main game, maka tugas anda mengalihkannya perhatiannya pada aktivitas-aktivitas yang bermanfaat. Bukan memarahinya, kemarahan anda bahkan bisa jadi tidak akan dipedulikan. Dengan cara mengalihkan perhatian anak bisa menjauhkannya pada hal-hal yang sifatnya buruk. Akan tetapi jika hal ini masih belum berhasil, maka katakan padanya bahwa Anda tidak suka kelakuannya. Kemudian jangan lupa katakan jika ia tidak menghentikan kelakuannya, Anda tidak akan mau bicara lagi. Cara ini biasanya ampuh mengatasi anak yang seperti tersebut. Namun, jika masih belum berhasil, anda bisa coba cara lainnya. Mendiamkan anak kurang lebih selama 1 jam, tetapi tetap dalam pengawasan, yang penting dia mengetahui ekspresi anda.

Jangan tunda respon Anda
Dalam mendidik anak menjadi disiplin jangan ditunda-tunda. Apabila Anda sudah mengetahui apa yang seharusnya dilakukan segera lakukan. Karena menunda sesuatu hal yang harus dikerjakan, sama dengan tidak mengajarkan mana yang boleh dan dilarang pada anak. Untuk itu , jika Anda berkeinginan mendidik anak menjadi yang terbaik jangan ditunda lagi. Terapkan tujuan Anda agar apa yang diharapkan bisa terwujudkan.

Itulah tadi beberapa cara mengajarkan sikap disiplin pada anak agar sikap disiplin menjadi sebuah kebiasaan. Semoga informasi yang kali ini kami berikan mengenai cara mengajarkan disiplin pada anak bermanfaat.

Tag :

disiplin bukan warisan,

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × one =

WhatsApp chat WhatsApp Kami