Apa Manfaat Surat Rekomendasi Psikolog Untuk Masuk SD? Dapatkan Dengan Biaya Murah!

Surat rekomendasi dari psikolog adalah salah satu persyaratan yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan masuk Sekolah Dasar bagi anak yang berusia kurang dari 7 tahun. Surat rekomendasi psikolog untuk masuk SD merupakan salah satu hal yang banyak di cari oleh sebagian orang tua. Bagi para orang tua, tentu harus memahami betul mengenai syarat agar bisa daftar dan masuk ke dalam bangku Sekolah Dasar. Terutama bila membahas mengenai persiapan dalam memenuhi setiap syarat, memang terdapat beberapa tambahan seperti hasil tes masuk SD dimana harus diketahui.

Apa Indikator dan Pentingnya Surat Rekomendasi Psikolog Untuk Masuk SD?

Keberadaan syarat satu ini memang cukup baru dan banyak dipertanyakan mengenai alasan harus melampirkannya. Harus diketahui, mengenai surat rekomendasi psikolog merupakan sebuah surat dimana dikeluarkan oleh psikolog secara langsung untuk menjelaskan si anak. Paling utama yaitu anak sebagai calon peserta didik sudah bisa dikatakan layak dan tepat menuju jenjang sekolah seperti sekolah dasar.

Tes Kesiapan Masuk SD Sebagai Indikator Pemeriksaan Psikologi Anak

Sebelum lebih lanjut, bagi orang tua sebenarnya ada beberapa keuntungan dimana terdapat poin penting sebagai pemeriksaan dalam tes kesiapan masuk SD. Terutama dengan hal tersebut bisa diperiksa, tentu akan sejalan tumbuh dan kembang anak sebelum nantinya masuk ke dunia sekolah. Selain itu, tidak bisa dipungkiri juga bahwa anak ketika berada di sekolah dasar akan melalui sekitar enam tahun hingga nanti lulus. 

Untuk melihat tingkat kematangan dan kesiapan anak saat masuk SD maka akan dilakukan dengan menggunakan Tes Kesiapan Sekolah. Apabila setelah melakukan tes tersebut dan anak menunjukkan kesiapan dari beberapa indikator yang diukur maka akan diberikan surat rekomendasi psikolog untuk masuk SD.

Surat Rekomendasi Psikolog Untuk Masuk SD

Berikut merupakan beberapa hal terkait indikator penting sebagai isi dari surat rekomendasi psikolog nantinya :

1. Kemampuan konsentrasi

Dalam dunia belajar atau masuk ke sekolah, sebagai anak tentu akan dilakukan uji untuk melihat seberapa baik atau tinggi konsentrasinya. Terkait poin konsentrasi memang berguna dalam seberapa mampu anak dalam mengikuti calon pembelajaran selanjutnya atau menyerap ilmu. Tentu bila terdapat sebuah masalah dalam konsentrasi, ini dapat mempengaruhi kemampuan dari akademi anak ketika di bangku sekolah.

2. Tingkat daya ingat

Sebagai pendukung kemampuan dari segi konsentrasi, maka daya ingat sangat dibutuhkan agar anak bisa mengikuti setiap pembelajaran dengan baik. Bila kemampuan dari otak terkait daya ingat tidak baik, maka hampir dipastikan anak akan mengalami ketinggalan akibat tidak bisa mengingat pelajaran. Dampak paling nyata adalah anak sulit dalam menjawab pertanyaan diberikan oleh guru saat menjalankan pembelajaran.

3. Membedakan objek

Berkaitan pada penglihatan dan karakter sesuai dengan dasar psikologi, kemampuan untuk membedakan suatu objek sangat penting. Contoh paling nyata adalah jika anak disuruh dalam melihat sebuah perbedaan akan benda, tulisan atau semacamnya. Dalam mempersiapkan anak agar bisa menerima setiap pembelajaran, maka aspek tersebut sangat penting terkait menerima pelajaran yang ada.

4. Kemampuan baca dan tulis

Bagian paling penting dari keberadaan akan ujian satu ini dilakukan juga melihat seberapa baik dan siap anak memasuki jenjang sekolah dasar. Indikator tersebut adalah kemampuan para anak dalam melakukan teknik menulis kata atau semacamnya hingga membaca. Karena pada saat sudah berada di bangku sekolah, anak secara tidak langsung diharapkan memang sudah mampu melakukan baca dan tulis secara mandiri.

Apa Manfaat dan Biaya Surat Rekomendasi Psikolog Untuk Masuk SD?

Secara singkat manfaat dari surat pengantar masuk SD dari psikolog adalah untuk membantu para orangtua dalam mengetahui berbagai aspek perkembangan pada diri anak, terutama yang dibutuhkan untuk membantu pada proses belajar di kelas nantinya. Biaya surat rekomendasi psikolog untuk masuk Sekolah Dasar adalah Rp 350.000 dengan durasi waktu tes sekitar 60 menit menggunakan alat Tes Kesiapan Sekolah. Walaupun begitu setiap biro layanan psikologi tentunya mengenakan tarif yang beragam guna memperoleh surat keterangan psikolog sesuai kebijaksanaan dari harga masing-masing lembaga psikologi yang melayani tes ini.

Apa Pentingnya Ada Surat Rekomendasi Psikolog Untuk Orang Tua?

Tak boleh luput juga, sebenarnya keberadaan akan ujian semacam ini sangat berguna tidak hanya untuk anak tetapi juga orang tua. Terutama jika membahas orang tua dengan kesibukan sangat banyak dan terkadang tidak sadari, bahwa sudah seberapa mampu anak dalam belajar. Adanya keberadaan surat rekomendasi psikolog sendiri juga sebagai jembatan agar orang tua lebih perhatian terhadap perkembangan akademik anak sebelum sekolah.

Itulah beberapa hal terkait seputar pembuatan akan surat rekomendasi psikologi terutama bila memiliki kepentingan untuk masuk sekolah dasar. Kesiapan mental dan kemampuan dari anak sendiri sangat menentukan apakah sudah layak atau belum menuju tingkat selanjutnya. Selain itu, hal ini berguna agar tidak membebani anak sehingga sudah siap segala aspek untuk memulai petualangan di tingkat sekolah dasar tersebut.

Bagaimana cara mendapatkan Surat Rekomendasi Psikolog Untuk Masuk SD?

Jika saat ini Anda membutuhkan Surat Rekomendasi Psikolog Untuk Masuk SD maka silahkan untuk menghubungi Biro Psikologi Jogja Laksita Educare melalui WhatsApp ke 08170434500. Atau melalui klik https://go.lei.my.id/wa

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url