Manfaat Tes Kesiapan Masuk SD, Sebelum Mendaftar ke Sekolah Dasar

Tes kesiapan masuk SD (Sekolah Dasar) adalah merupakan sebuah psikotes yang termasuk dalam psikologi perkembangan dan pendidikan dengan sebuah tujuan untuk mengetahui tingkat kematangan serta potensi seorang anak. Setelah mengetahui tingkat kematangan anak tersebut maka diharapkan dapat membantu untuk mempersiapkan mental dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah nantinya. Dengan hasil tes kesiapan masuk sekolah itu juga maka kelebihan serta kekurangan yang dimiliki anak dapat diketahui. Hal tersebut penting supaya diketahui pihak sekolah untuk membantu dalam mengembangkan kemampuan anak.

Manfaat Tes Kesiapan Masuk SD

Berdasar pada peraturan pemerintah bahwa usia masuk Sekolah Dasar adalah 7 tahun. Dan belum terlalu di tuntut dalam kemampuan membaca dan menulis. Walaupun pada kenyataannya ada banyak sekolah dasar yang menuntut anak masuk sekolah dasar sudah mampu membaca dan menulis. Dan memang pada usia itu sebenarnya anak telah mampu mengembangkan motorik halusnya sebagai pendukung kemampuan menulisnya. Dan secara kemampuan kognitif anak dalam usia tersebut telah siap untuk menerima materi seperti pengenalan rangkaian huruf.

Karena itu pada usia tersebut anak biasanya telah mampu memahami ketika diajarkan tentang angka atau huruf. Tentunya dalam tahap selanjutnya akan mampu belajar membaca huruf serta rangkaian kata walaupun sederhana. Karena itu saat ini ada sekolah yang memberikan semacam tes membaca, menulis dan berhitung. Namun sebaiknya tes tersebut bukanlah dijadikan sebagai sebuah seleksi ketat namun sekedar untuk mengetahui sejauh apa kemampuan calon siswa dalam mengenali angka dan huruf.

tes kesiapan masuk sekolah dasar sd

Tujuan Tes Kesiapan Masuk Sekolah Dasar

Kemampuan psikologis yang diperlukan anak untuk mengikuti pelajaran tingkat SD sesungguhnya tidak terlalu rumit. Umumnya anak apabila telah berada pada usia yang cukup maka secara psikologis mereka sudah memiliki kemampuan dan keinginan untuk eksplorasi lingkungan yang lebih luas dan kesadaran untuk mematuhi aturan. Di samping itu apabila anak telah terbiasa dengan kegiatan belajar serta sudah memperlihatkan minat untuk mempelajari berbagai hal baru, maka hal tersebut juga bisa dijadikan salah satu tanda kalau anak siap untuk mengikuti kegiatan belajar. Sebaliknya apabila anak masih belum menunjukkan keinginan untuk belajar maka akan memperlihatkan hal yang berbeda.

Bagaimana dengan anak yang berusia dibawah 7 tahun ?

Saat ini memang banyak orang tua yang memasukkan anak mereka ke Sekolah Dasar walaupun belum belum berusia 7 tahun. Dengan catatan bahwa orang tua dari anak dengan usia di bawah ketentuan tersebut membawa surat keterangan rekomendasi psikolog untuk masuk SD. Kemampuan anak dalam mengikuti kegiatan belajar di Sekolah Dasar bisa dilihat dari beberapa faktor. Di samping dari faktor usia serta kematangan mental, kemampuan intelektual juga berpengaruh dalam menentukan apakah anak tersebut siap untuk sekolah di tingkat SD atau belum. Apabila anak mempunyai potensi kecerdasan dengan tingkat sangat baik, maka secara intelektual anak dapat di sebut telah siap mengikuti kegiatan belajar Sekolah Dasar.

Tetapi walaupun anak mempunyai tingkat intelektual yang sangat baik namun ada banyak hal yang harus sangat diperhatikan jika usianya masih di bawah usia yang secara mental umumnya telah matang dalam mengikuti pelajaran di Sekolah Dasar dalam hal ini 7 tahun.

  1. Pada usia 6 tahun ke bawah pada umumnya anak belum siap mengikuti kegiatan terstruktur dengan aturan yang cukup tegas. Jika anak belum siap dengan hal ini maka bisa berpengaruh pada suasana hati dan semangat dalam mengikuti pelajaran.
  2. Di usia 6 tahun kegiatan bermain masih sangat mendominasi pada keseharian anak. Karena itu apabila dihadapkan pada kegiatan yang terstruktur dengan kegiatan bermain yang berkurang maka dapat berpengaruh dalam minat belajarnya.
  3. Usia 6 tahun ke bawah kebanyakan masih belum mampu fokus dengan 1 aktifitas dalam jangka waktu lebih panjang. Hal ini yang akan berpotensi membuat anak cepat merasa bosan.

Dengan memperhatikan beberapa faktor di atas maka tes kesiapan masuk sekolah diberikan terdiri dari 2 tes yaitu tes kecerdasan dan tes kematangan yang terdapat 10 aspek yang di ukur.

Apabila dari pengukuran 10 aspek tersebut menunjukkan hasil yang baik maka anak dikatakan sudah siap masuk Sekolah Dasar walaupun belum berusia 7 tahun. Hasil tersebut akan tercantum pada laporan hasil tes kesiapan sekolah yang berupa keterangan surat rekomendasi psikolog profesional jika anak masuk SD dengan usia di bawah ketentuan.

tes kesiapan masuk sekolah

Biaya Tes Kesiapan Masuk SD

Biaya Tes Kesiapan Masuk SD (Sekolah Dasar) adalah Rp 350.000 dengan durasi pelaksanaan tes lebih kurang memerlukan waktu berkisar 60 menit.

Rekomendasi Tempat Tes Kesiapan Masuk Sekolah Dasar

Setelah melalui tes kesiapan masuk sekolah maka akan memperoleh sebuah surat keterangan psikolog untuk masuk SD yang menjadi menerangkan apakah anak tersebut memenuhi kriteria atau belum. Jika anda berada di wilayah DI Yogyakarta maka anda dapat menghubungi :

Biro Psikologi Laksita Educare Insight
Whatsapp : 08170434500 (Disarankan)
Instagram : epsikologi
Facebook : fb.com/LaksitaEducare
Alamat : Jl. Wates Km.12 Argosari Sedayu Bantul Yogyakarta 55753 (Barat SMU Pangudi Luhur Sedayu)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url