Pentingnya Pengetahuan Tentang Psikologi Anak dan Remaja Bagi Orangtua

Anak maupun remaja selalu mengalami perkembangan. Ciri khas yang paling menonjol dari anak dan remaja adalah perkembangannya yang sangat pesat tidak seperti perkembangan pada orang dewasa. Selain fisiknya yang selalu berkembang dengan pesat, mental anak dan remaja juga mengalami perkembangan yang sangat pesat. Secara umum, dengan perkembangan mental atau psikologi yang sangat cepat pada anak dan remaja, menyebabkan anak dan remaja termasuk dalam kondisi mental yang terbilang kurang stabil dibanding dengan kondisi mental orang dewasa. Karena itulah kondisi psikologi anak dan remaja perlu diperhatikan sehingga anak dan remaja bisa diarahkan agar bisa tumbuh menjadi orang dengan karakter mental yang baik.

psikologi anak dan remaja

Pendampingan Orangtua Terhadap Psikologi Anak dan Remaja

Dalam pertumbuhannya, anak dan remaja mengalami banyak sekali perubahan baik dalam aspek fisik maupun mentalnya. Karena itulah diperlukan dampingan orangtua di saat-saat tersebut. Hadirnya orangtua saat anak dan remaja menjumpai perubahan yang begitu banyak dengan kondisi fisik dan mentalnya dapat membuat anak dan remaja merasa memilki tempat untuk mencurahkan segala masalahanya. Dengan begitu, anak dan remaja bisa berkembang dengan baik.

Anak dalam pertumbuhannya mengalami banyak perubahan dan perkembangan salah satunya aspek emosi. Terdapat masa di mana anak merasa sangat membutuhkan orangtua atau seseorang karena banyaknya tekanan yang didapatnya. Begitu pula dengan remaja. Remaja biasanya sering menimbulkan ulah dengan bersikap nakal, tidak realistis, takut terhadap aspek tertentu. Karena itulah ilmu psikologi anak dan remaja perlu diketahui terutama bagi seorang ibu.

Masa kanak-kanak dan remaja merupakan saat yang paling krusial dalam kehidupan seseorang. Karena perkembangan anak dan remaja pada masa tersebut sangat mempengaruhi akan menjadi seperti apa anak atau remaja tersebut di masa depan. Karena itulah, pengetahuan tentang psikologi anak dan remaja sangat penting untuk diketahui. Dengan mengetahui ilmu tentang perkembangan psikologis anak serta remaja, ibu atau orangtua bisa memikirkan tindakan yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada sang anak atau remaja. Selain itu juga akan memberi pengertian saat sang anak menyebabkan suatu masalah.

Tag :

psikologi anak remaja,

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine − four =

WhatsApp chat WhatsApp Kami