Membentuk Sikap Positif Dalam Kehidupan

Sikap jauh lebih penting daripada intelegensi, bakat khusus, maupun keberuntungan terutama dalam masa pendidikan anak. Karena sikap akan mempengarui semua yang kita lakukan selama menjalani kehidupan. Dari beberapa penelitian menyimpulkan bahwa 85% kesuksesan dalam hidup kita ditentukan oleh sikap sedangkan 15% sisanya di tentukan oleh kemampuan. Walaupun sulit untuk menentukan secara pasti presentase dari sikap dan kemampuan tersebut, akan tetapi siapapun yang telah mempelajari tingkah laku manusia setuju bahwa titik awal dari semua kesuksesan adalah membentuk sikap yang baik.

Membentuk Sikap Positif

Mulai membentuk sikap positif

William James yang merupakan seorang ahli psikologi terkenal di Amerika berkata, bahwa penemuan terbesar dari sebuah generasi adalah manusia yang telah mampu mengubah hidupnya dengan cara mengubah sikapnya. Bahkan seorang penyanyi, Hank Williams jr mengatakan bahwa kita akan selalu merasakan baik-baik saja, asalkan selama kita selalu menyesuaikan diri dengan penyesuaian sikap. Karena itu sangat penting bagi kita untuk memahami apakah itu sikap dan juga membentuk sikap.

Sikap adalah cara pandang secara mental, dan sebuah kerangka berpikir. Sikap merupakan bagaimana kita berpikir. Sikap adalah apa yang terjadi dalam diri seseorang, pikiran serta perasaan tentang diri sendiri, orang lain, keadaan, dan kehidupan secara umum. Sikap juga merupakan sebuah harapan, pada orang yang mempunyai sikap positif maka mereka akan mengharapkan yang terbaik. Sebaliknya pada orang yang mempunyai sikap negatif, maka akan mengharapkan hal yang buruk. Dalam kedua kasus tersebut, harapan terbaik maupun harapan terburuk biasanya terwujud.

Sikap adalah sebagai cermin seseorang. Apa yang terjadi di dalam diri seseorang yang tampak di luar, hal ini tercermin dari apa yang dia katakan dan apa yang dia lakukan. Sikap juga akan bekerja layaknya sebuah magnet. Kita terus didorong ke arah pemikiran kita, apakah itu positif atau negatif. Kita biasanya memperoleh apa yang kita harapkan karena pemikiran yang kita pilih membentuk roda yang bergerak kemudian menuntun kita pada suatu arah tertentu. Pada tingkatan tertentu, ini merupakan hukum sebab akibat. Sikap yang baik mendapatkan hasil yang baik, sikap yang buruk mendapatkan hasil yang buruk pula.

Sukses karena sikap positip

Orang yang sukses biasanya mengharapkan kesuksesan. Mereka membangun kebiasaan mengharapkan hal-hal yang baik akan terjadi, dan mereka tahu bahwa kunci utama yang akan membawa mereka ke arah yang mereka inginkan adalah pikiran mereka. Membentuk sikap positif merupakan awal dari sebuah perubahan ke arah yang lebih baik. Tanamkan dan berikan pendidikan anak tentang sikap kepada si kecil sedini mungkin untuk membentuk karakter mereka di masa depan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url