Mengatasi Anak Hiperaktif ? Ini Caranya

Masa anak-anak pada dasarnya memang mempunyai banyak energi sehingga membuatnya tidak merasa capek atau bisa dibilang hiperaktif. Sehingga anak ini sering lari-larian dan senang sekali menjelajahi segala sesuatu yang baru. Sebagai orangtua Anda bertugas menjaganya agar selalu terhindar dari bahaya. Namun, alangkah baiknya jika anak yang hiperaktif ini diarahkan pada kegiatan-kegiatan bermanfaat sehingga perkembangan otaknya semakin maju. Lalu, kegiatan apa yang bisa dilakukan? Simak beberapa tips dari biro psikologi jogja tentang cara mengatasi anak hiperaktif dibawah ini.

mengatasi anak hiperaktif

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak hiperaktif

Olahraga

Kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak hiperaktif asalah satunya adalah mengajaknya olahraga. Selain olahraga bisa membuat tubuh bugar dan sehat, ternyata olahraga ini mempunyai manfaat yang sangat baik sekali untuk otak. Nah, untuk itu maka ajaklah anak Anda berolahraga. Sedangkan olahraga yang bisa dilakukan itu bervariasi, misal bersepeda, sepakbola dan berenang. Tetapi ingat untuk harus tetap mengawasinya agar anak selalu terjaga keselamatannya.

Latihan fisik

Didalam tubuh anak hiperaktif terdapat energi yang lebih. Agar energi yang banyak ini bermanfaat, maka arahkan pada latihan fisik . Sedangkan untuk mendapatkan latihan fisik ini bisa diperoleh dari kelompok bermain. Sebab kelompok bermain sekarang sudah memiliki struktur baik. Dengan anda memasukkan anak pada kelompok bermain maka energi yang dimilikinya bisa digunakan pada hal-hal yang bermanfaat. Selain itu juga dikelompok bermain ini nantinya anak akan mendapat pelajaran cara bersosialisasi dan keterampilan secara berkelompok.

Bermain diluar ruangan

Anak yang hiperaktif ini mempunyai rasa ingin tahu yang besar, sehingga anak tersebut jika bermain didalam rumah menyentuh barang-barang yang menurutnya unik. Sehingga seisi rumah menjadi berantakan karena ulahnya yang hiperaktif ini. Jadi tidak ada salahnya jika anda mengajaknya main diluar rumah, misalnya ke taman. Dengan mengajak anak bermain diluar akan membuat ia lebih leluasa mengekspor ide-idenya. Namun, harus tetap memperhatikan cuaca saat mengajak anak bermain diluar rumah agar ia tidak sakit.

Demikian tadi beberapa trik mengatasi anak hiperaktif yang bisa Anda terapkan agar anak sukses belajar nantinya. Sebenarnya masih banyak trik lainnya untuk mengatasi anak yang hiperaktif yang bisa Anda gunakan. Semoga informasi yang kali ini kami berikan mengenai trik mendidik anak yang hiperaktif bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url