Bagaimana Cara Menentukan Jurusan Kuliah? Perhatikan 5 Hal Ini!

Cara menentukan jurusan kuliah sangat perlu dipahami bagi siapapun yang ingin melanjutkan pendidikan setelah lulus SMU / SMK. Apakah anda pernah mendengar mahasiswa mengeluhkan kuliahnya? “duh sepertinya aku memang salah jurusan nih”, “kalau saja aku tidak ambil jurusan ini pasti aku sudah lulus”, “nyesel dulu ambil jurusan ini, cari kerja susah”. Itulah salah satu contoh tentang pentingnya menentukan jurusan kuliah yang sesuai dengan kita sesungguhnya.

Sebenarnya bukan jurusannya yang salah, namun pengetahuan dan persiapan yang kurang dalam memilih jurusan kuliah mengakibatkan hal ini sering terjadi. Banyak orang punya mindset yang penting kuliah masalah nanti setelah lulus mau kerja apa urusan belakangan, ada juga mereka mengambil jurusan tersebut dengan alasan seleksi masuknya mudah karena peminatnya sedikit, dan ada pula yang sekedar ikut-ikutan teman. Kasus yang paling sering terjadi biasanya hanya sekedar mengikuti kemauan orang tua. Fix itu akan menjadi masalah besar untuk anda nantinya.

Lalu bagaimana cara menentukan jurusan kuliah terbaik ?

cara menentukan jurusan kuliah


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda menentukan jurusan kuliah. Berikut di bawah beberapa cara menentukan jurusan kuliah terbaik diantaranya :

Mengetahui bakat dan minat dengan tes psikologi atau psikotes penjurusan kuliah

Seseorang yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi wajib mengetahui minat juga bakat atau potensi diri agar nantinya ketika sudah duduk di bangku kuliah bisa nyambung dengan apa yang akan mereka pelajari. Selain bakat seseorang juga harus memperhatikan minat atau keinginan dari dalam hati. Aku ingin ambil jurusan apa? Apa sih yang paling aku sukai? dan alangkah baiknya jika bakat dan minat tersebut bisa balance. Sehingga ketika anda sudah menjalani masa kuliah tidak akan menjadi beban atau paksaan. Untuk mengetahui cara menentukan jurusan kuliah yang sesuai minat bakat maka anda bisa konsultasi ke guru BK di sekolah atau dengan wali kelas. Jalan terbaik silahkan mengikuti psikotes minat dan bakat di biro psikologi terdekat di kota anda.

Musyawarah dengan orang tua saat memilih jurusan kuliah

Musyawarahlah dengan orang tua, saling bertukar pendapat karena bagaimanapun juga orang tua yang akan membiayai kuliah anda nantinya. Ketika berselisih pendapat, orang tua menginginkan anda masuk jurusan yang tidak sesuai dengan bakat dan minat anda, coba untuk pelan-pelan memberikan pengertian mengenai sebab dan akibat dari jurusan yang akan anda ambil. Cobalah terus hingga menemukan solusinya.

memilih jurusan kuliah

Perhatikan kualitas kampus yang akan di tuju

Oke..ini memang bukan bagian utama namun juga harus diperhatikan. Akreditasi fakultas dan program studi, fasilitas penunjang belajar, dan status perguruan tinggi. Kenapa harus? Karena ketika anda lulus nanti di dunia kerja ijazah akan diperhitungkan.

Percaya atau tidak namun hal ini adalah fakta di lapangan. Jadi sebelum anda menentukan pilihan jangan lupa kepoin dulu ya latar belakang kampusnya. Jangan sampai terjadi kasus sudah susah susah kuliah, bayar mahal ehh ternyata pada akhirnya ijazahmu tidak bisa berkompetisi. Nggak asik banget kan?

Mengetahui gambaran kegiatan perkuliahan pada jurusan yang akan di ambil

Malu bertanya sesat di jalan peribahasa ini tepat sekali, jangan pernah malu atau takut untuk bertanya, jangan malas untuk mencari informasi perihal gambaran kegiatan perkuliahan anda nanti. Apa tujuannya? Agar anda tidak kaget bahkan kecewa, kalau hanya mengira ini dan itu bisa jadi anda akan menyesal nantinya karena tidak sesuai dengan yang anda harapkan. Misalnya anda ingin kuliah di jurusan seni dengan anggapan bisa santai, nah pada kenyataannya anak seni ngga bisa nyantai karena banyak biaya dan praktik. Jadi bertanyalah agar tidak tersesat kemudian.

Setelah lulus nanti anda akan bekerja dimana? Atau melanjutkan S2?

Rencana ini harus sudah dipikirkan mulai dari awal, ketika sudah lulus aku mau bekerja dimana? Apakah jurusan yang akan diambil sudah sesuai, apakah ijazah itu bisa digunakan untuk bekerja disana? Sangat fatal akibatnya jika anda tidak memperhatikan hal tersebut. Berbeda lagi jika memang ingin melanjutkan ke jenjang S2, jurusan apa yang akan diambil sesuai dengan jurusan pada jenjang S2 biasanya di sebut linear atau berhubungan.

Sedikit banyak dari apa yang sudah di jelaskan di atas mengenai bagaimana cara menentukan jurusan kuliah terbaik semoga ada manfaatnya ya?…

Adakah Rekomendasi Psikotes atau Tes Psikologi Penjurusan Kuliah?

Jika saat ini Anda masih bingung untuk cara menentukan jurusan kuliah yang sesuai dengan minat bakat yang sesungguhnya ? Ketahui jurusan kuliah yang sesuai minat bakat Anda melalui psikotes atau tes psikologi penjurusan kuliah dengan menghubungi Biro Konsultasi dan Tes Psikologi Jogja Laksita Educare melalui WhatsApp di 08170434500.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url