Tes IQ Untuk Masuk Kelas Akselerasi SMA SMP, Berapa Skornya?

Tes IQ untuk masuk kelas akselerasi adalah sebuah psikotes yang ditempuh oleh para siswa yang akan masuk ke kelas percepatan umumnya pada tingkat SMP dan SMA untuk anak-anak dengan tingkat intelegensia tinggi. Program akselerasi atau percepatan belajar atau merupakan sebuah wadah yang disediakan oleh sekolah untuk siswa khusus yang dinilai mempunyai keunggulan serta berprestasi secara akademis. Para siswa yang ada pada kelas akselerasi merupakan pelajar pilihan karena mereka akan menjalani sistem pembelajaran yang tidak sama dengan siswa yang berada di dalam kelas reguler. Wajar saja karena siswa kelas akselerasi dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mengikuti pola pembelajaran yang tergolong cepat

Selain itu siswa kelas percepatan juga dituntut mampu mencari dan mempelajari materi belajar dari luar sekolah seperti internet dan sebagainya. Hal ini dikarenakan waktu pembelajaran mereka di kelas akselerasi cukup singkat, padat dan cepat. Karena itu para siswa di kelas ini diwajibkan untuk giat dan rajin belajar serta berlatih soal sekalipun di luar jam sekolah.

Berapa Nilai Minimum Tes IQ Untuk Masuk Kelas Akselerasi?

Dengan berdasarkan pada keputusan Asosiasi MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) Akselerasi semua jenjang pendidikan se-Indonesia bahwa untuk masuk kelas akselerasi siswa harus memiliki skor minimal Tes IQ 130. Tentunya hal ini sudah melalui banyak pertimbangan karena jika nilai skor IQ dibawah 130 dikhawatirkan siswa tidak dapat mengikuti materi pembelajaran di kelas akselerasi dengan baik.

Kelas akselerasi sekilas terlihat seperti disediakan untuk anak-anak unggulan. Walaupun begitu tidak kemudian setiap anak yang selalu menjadi juara di kelas dengan nilai tertinggi sudah pasti bisa masuk ke dalam kelas akselerasi. Seperti disampaikan di atas bahwa kelas ini hanya diperuntukkan bagi siswa dengan tingkat kecerdasan 130 ke atas.

Kelas percepatan merupakan sebuah tantangan bagi sebagian siswa yang memenuhi kriteria, walaupun mungkin ada juga siswa yang tidak siap meskipun memiliki IQ diatas 130.

tes iq untuk masuk kelas akselerasi

Apa Perbedaan Kelas Akselerasi dan Reguler?

Dengan tingkat kecerdasan yang tidak sama dengan siswa yang berada di kelas reguler maka tentu saja ada beberapa perbedaan antara kelas regular dan kelas akselerasi. Untuk siswa SMA yang berada di kelas akselerasi atau percepatan akan dapat lulus dalam kurun waktu hanya dua tahun karena siswa kelas akselerasi akan naik kelas setiap 6 bulan. Berbeda dengan siswa reguler yang harus menempuh masa pendidikan selama tiga tahun untuk menyelesaikan masa studi tingkat SMA nya.

Selain itu jumlah siswa di kelas akselerasi umumnya lebih sedikit dibandingkan jumlah siswa di kelas regular pada umumnya. Dengan jumlah siswa yang tidak banyak maka tentunya hal ini akan semakin mendukung proses pembelajaran bagi siswa dan guru menjadi semakin baik.

Materi belajar yang sangat padat dan cepat juga membuat kelas percepatan menjadi lebih banyak tugas atau PR serta ujian atau ulangan.

Berapa Biaya Tes IQ SMA SMP Untuk Masuk Kelas Akselerasi?

Tes IQ SMA untuk masuk kelas akselerasi tingkat SMP SMA dapat diperoleh melalui beberapa biro psikologi yang menyediakan layanan psikotes tersebut. Biaya Tes IQ SMA dan SMP untuk masuk kelas akselerasi atau percepatan adalah Rp 280.000 dengan durasi tes akan membutuhkan waktu sekitar 1.5 jam. Selesai pelaksanaan psikotes maka hasil tes tersebut akan diskoring dan diinterprestasikan dalam bentuk sebuah laporan yang disebut HPP atau hasil pemeriksaan psikologis. Hasil ini kemudian dapat digunakan sebagai surat keterangan atau surat rekomendasi sesuai dengan kebutuhan. Lama waktu hasil diserahkan sejak dari pelaksanaan psikotes cukup bervariasi, namun di Biro Psikologi Laksita Educare hasil dapat diperoleh relative lebih cepat dengan biaya Tes IQ yang sangat terjangkau.

Hasil dari Tes IQ tersebut akan menunjukkan nilai atau skor IQ yang dimiliki peserta tes dalam hal ini siswa, apakah skor tersebut sesuai dengan kriteria atau syarat minimum yang ditentukan sekolah untuk masuk kelas akselerasi atau tidak.

Tes IQ SMA

Tes IQ SMA adalah tes psikologi yang bisa menjadi dasar penempatan siswa dalam pemilihan peminatan di SMA, dengan tujuan supaya siswa mengetahui jurusan yang sesuai dengan bakat dan kemampuannya. Tes IQ SMA umumnya juga disajikan bersama dengan tes minat bakat.

Dimana Tempat Tes IQ Untuk Masuk Kelas Akselerasi?

Pelaksanaan Tes IQ dapat dilakukan secara individu di kantor biro psikologi maupun klasikal, sehingga dapat dilaksanakan juga di sekolah apabila memang dibutuhkan.

Jika saat ini Anda atau kerabat sedang membutuhkan layanan Tes IQ untuk masuk kelas akselerasi maka dapat menghubungi Customer Service Lembaga Psikologi Jogja Laksita Educare melalui WhatsApp atau klik https://go.lei.my.id/wa

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url