Berpikir Terbuka Dalam Kehidupan

Seorang pemain golf tahu bahwa keberhasilan permainannya ditentukan oleh bagaimana ia memperlakukan bola, karena bola tidak akan dapat masuk ke lobang dengan sendirinya. Seorang pilot tahu bahwa bagian terpenting dari pendaratan pesawat adalah menentukan pengendalian yang tepat untuk mendarat dengan selamat. Seorang pengacara tahu bahwa cara ia mendekati juri akan menjadi faktor penentu dalam setiap kasus. Semua tujuan tadi dimulai dengan membuat langkah awal menuju tujuan yang ingin dicapai. Pendekatan yang tepat terhadap segala sesuatu menentukan hasil yang akan kita raih. Intinya sikap kita adalah cara kita mendekati kehidupan. Dan cara kita menjalani kehidupan akan menentukan kesuksesan atau kegagalan kita. Karena dalam setiap tindakan yang dilakukan memerlukan cara berpikir, dan untuk meraih sesuatu sesuai dengan yang direncanakan maka diperlukan cara berpikir terbuka.

Berpikir Terbuka

Ada beberapa langkah besar dalam kehidupan yang sebenarnya tanpa sadar akan atau telah kita lakukan. Langkah tersebut adalah pilihan penting yang pernah kita buat dan merupakan sikap terbaik yang pernah kita miliki.

Mulailah Berpikir terbuka
Untuk dapat berfikir terbuka seseorang memerlukan cara berfikir berdasarkan logika. Logika akan membawa kita untuk dapat berpikir lurus melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang dan menarik kesimpulan berdasarkan fakta. Karena itulah kita sangat perlu untuk melatih dengan kebiasaan berpikir secara logis untuk dapat mulai berpikir terbuka menghadapi segala sesuatu yang terjadi di sekitar kita. Dengan berpikir terbuka maka kita akan menemukan banyak sesuatu yang bermanfaat bagi kita dan orang lain di dalam kehidupan.

Berpikirlah untuk dirimu sendiri
Banyak hal terjadi di sekitar kita setiap harinya dan pikiran kita juga secara otomatis akan merespon semua hal tersebut. Namun dengan berpikir terbuka maka kita akan tahu mana yang penting dan perlu kita lakukan. Apakah orang lain benar-benar memerlukan bantuan kita, atau sebenarnya mereka sudah bisa menolong diri mereka sendiri tanpa campur tangan kita. Dengan kata lain jangan biarkan orang lain mengatur pikiran kita. Karena jika kita asal merepon semua yang terjadi di sekitar kita tanpa menggunakan logika maka itu sama seperti masuk ke dalam lingkaran yang besar dan mengikuti putarannya namun sebenarnya tidak ke mana mana.

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − nine =

WhatsApp chat WhatsApp Kami