Cara Melatih Otak Kanan Pada Anak

Pada umumnya, manusia memiliki cara berfikir melalui otak kanan atau otak kiri. Otak kiri berfungsi pada hal yang berhubungan dengan angka, intelektual, dan logika. Sedangkan otak kanan berfungsi untuk mengendalikan aktivitas berfikir secara luas, kreativitas, musik, spiritual, daya cipta, inovasi, kebahagaian, keindahan, kejujuran, dan lain sebagainya. Selain itu, Otak kanan dapat berfungsi untuk merekam semua ingatan lebih cepat dan menyimpan semua memori tersebut untuk jangka dan waktu yang lebih lama. Otak kanan juga dapat mengatur masalah pemikiran yang bersifat abstrak dan penuh imajinasi. Oleh karena itu, anak yang terbiasa menggunakan otak kanan cenderung lebih dominan dengan hal-hal mengenai gambar, grafik dan lain-lain. Di bawah ini, kami berikan beberapa tips mengenai cara melatih otak kanan pada anak agar mereka dapat tumbuh menjadi pribadi yang unggul :

Cara melatih otak kanan pada anak

cara melatih otak kanan pada anak

Pattern game

Cara pertama untuk melatih anak dengan otak kanan adalah denga mengajarkan anak Anda menggambar pola pada sebuah kertas menggunakan tangan kiri dan tangan kanan secara bersamaan. Gambar pola mulai dari luar, dalam, atas, dan bawah. Cara ini dapat melatih anak Anda untuk menyeimbangkan syaraf motorik otak kanan dan kiri. Lakukan kegiatan tersebut selama 2 menit setiap hari agar anakAnda semakin terbiasa.

Thumb game

Cara kedua adalah dengan mengancungkan jempol pada tangan kanan dan kelingking pada tangan kiri. Lakukan gerakan sebaliknya secara berulang-ulang agar semakin lancar.

Eight game

Cara ketiga adalah menulis angka delapan menggunakan tangan kanan dan kiri. Lakukan teknik ini di atas kertas, lihat perbedan bentuk setiap gambar, jika bentuk angka delapan sudah sama, berarti kordinasi antara otak kanan dan kiri sudah terjalin dengan baik.

Left handed-writting

Cara keempat adalah membiasakan untuk menulis dengan menggunakan tangan kiri. Dengan cara ini penggunakan otak kanan dapat lebih optimal dibanding otak kiri. Lakukan kegiatan tersebut hingga lancar, sehingga anak Anda memiliki kemampuan menulis menggunakan dua tangan.

Di atas merupakan beberapa tips yang dapat digunakan untuk melatih otak kanan pada anak yang juga dapat dijadikan kegiatan untuk meningkatkan kecerdasan. Setiap orang tua pastinya ingin anak yang mereka miliki menjadi pribadi yang unik dan berprestasi. Maka dari itu, melatih penggunaan otak kanan menjadi salah satu hal penting yang dapat dilakukan orang tua untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh anak.

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + two =

WhatsApp chat WhatsApp Kami