Kebiasaan Adalah Kunci Kesuksesan

Kita adalah hasil dari kebiasaan kita. Mungkin beberapa dari kita pernah mendengar pepatah lama tersebut. Walaupun mungkin beberapa dari kita yang meragukannya. Mungkin karena setiap orang memiliki pengalaman masing-masing yang berbeda satu dengan yang lain. Bahkan sesungguhnya kita lebih dari sekedar hasil dari kebiasaan seperti yang kita lakukan selama ini. Beberapa ilmuwan psikologi menyakini bahwa 95% tingkah laku kita terbentuk melalui kebiasaan. Mungkin ada yang meragukan jumlah tersebut, namun pasti hanya sedikit yang meragukan bahwa kebiasaan berpengaruh besar terhadap diri kita sendiri. Sebagian besar kebiasaan dimulai secara tidak sadar dan tidak sengaja, awalnya kebiasaan membentuk semacam benang yang tidak terlihat. Namun melalui pengulangan benang tersebut membentuk suatu jalinan lalu menjadi tali. Setiap kali kita mengulangi suara tindakan berarti kita menambahkan dan menguatkan tali tersebut. Benang menjadi sulaman kemudian menjadi kain. Seperti yang dikatakan beberapa pepatah bahwa, pertama kita membentuk kebiasaan kita lalu kebiasaan membentuk kita. Itulah kenapa bisa dikatakan kebiasaan adalah kunci kesuksesan.

Kebiasaan Adalah Kunci Kesuksesan

Sesungguhnya kepribadian kita adalah susunan dari sikap kebiasaan dan penampilan kita. Dengan kata lain kepribadian kita adalah karakteristik yang mencermikan diri kita, berupa bagian dari diri kita yang kita refleksikan kepada orang lain. Seperti halnya pakaian kita mendapatkan seluruh kebiasaan kita. Kita tidak dilahirkan dengan membawa salah satunya. Kita menempelajarinya seperti hal nya kita mempelajari sikap kita kebiasaan tumbuh dan berkembang sepanjang waktu dan menjadi kuat melalui pengulangan.

Kebiasaan adalah bagian dari tingkah laku manusia. Tak ada seorang pun yang bisa mengelaknya. Bahkan manusia tidak akan dapat untuk menghindari membentuk kebiasaan. Karena bagaimanapun juga kita tidak dapat melakukannya. Karena itu sebaiknya berpikir tentang jenis-jenis kebiasaan yang kita bentuk. Suka atau tidak, kita kita menjadi budak dari kebiasaan kita. Pada akhirnya kebiasaan akan bekerja sama dengan kita atau melawan kita.

Dari beberapa artikel sebelumnya tidak akan pernah selesai pembahasan tentang membentuk kebiasaan yang baik. Salah satu kesempatan kita mendengar kata baik dan kebiasaan dalam satu kalimat adalah ketika guru menerangkan tentang perlunya cara belajar yang baik. Karena pastinya guru tersebut mengetahui dan ingin menanamkan pemahaman bahwa kebiasaan adalah kunci kesuksesan.

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 4 =

WhatsApp chat WhatsApp Kami