Tes Psikologi SIM Biaya dan Tempat

Tes Psikologi SIM belum lama ini seringkali kita ketahui dari beberapa media berita. Serangkaian tes wajib dijalani calon pembuat surat izin mengemudi, dan ada satu tahapan baru yang telah diberlakukan bagi pemohon pembuatan dan perpanjangan surat izin mengemudi, yaitu tes psikologi. Dan tampaknya telah diberlakukan di berbagai tempat salah satunya Jogja yang sepertinya segera dilaksanakan di beberapa kabupaten Bantul, Kulonprogo, Sleman dan Gunungkidul.

Tes Psikologi SIM diberlakukan supaya para pengendara tau benar akan tanggung jawab yang harus dilakukan saat berhadapan dengan berbagai kondisi di jalan. Alasan utama kenapa anda harus tau akan tujuan ini ialah untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

Misalnya ketika anda terjebak macet, apa tindakan yang harus dilakukan? Saat terjadi kecelakaan, respon apa yang anda berikan? Berbagai pertanyaan akan dilontarkan untuk memahami kondisi pengendara yang menjadi penyebab utama dalam kecelakaan.

Hal ini memang perlu dipahami, karena terkadang seorang pengendara sering merasa bahwa dirinya paling benar saat berkendara, sering ingin menang dari pengendara lain yang bisa saja menjadi penyebab kecelakaan karena faktor kurangnya kontrol diri di jalan.

Nah untuk itu pihak Kepolisian telah memberlakukan tes psikologi SIM sebagai salah satu jalan untuk mendapatkan Surat Ijin Mengemudi. Tes ini berlaku bagi pemohon pembuatan dan perpanjangan surat izin mengemudi, baik itu SIM A, B atau C. Tapi untuk dan seperti apa tes tersebut berikut ini informasinya.

Baca Juga  Tes Kesiapan Masuk Sekolah

tes psikologi sim jogja

Tes Psikologi SIM

Seperti pada umumnya tes di dalam lembaga pemerintah tentu semua harus tersusun dengan memperhitungkan berbagai persyaratan, termasuk undang-undang yang menjadi perhitungan matang.

Dan didalam tes psikologi telah disebutkan kalau bentuk penerapan nya sesuai undang-undang yang terdapat pada pasal 81 ayat (4) UU No. 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas serta pasal 36 peraturan Kapolri No 9 tahun 2012 tentang surat izin mengemudi.

Tes Psikologi SIM dan Materinya

Tes psikologi SIM merupakan tes tertulis yang diwajibkan untuk seluruh pembuat SIM atau yang mau melakukan per-panjang. Lama waktu durasi yang diperlukan dalam tes psikologi ditargetkan berkisar 30 detik/pertanyaan dengan jumlah pertanyaan yang bervariasi.

Pertanyaan tersebut dibagi menjadi 2 bagian yang disesuaikan dengan kebutuhan pemohon. Jadi pertanyaan tersebut akan disesuaikan dengan pemohon, kalau pemohon ingin membuat SIM maka jumlah pertanyaan tes sebanyak 24 soal dan apabila pemohon berkepentingan untuk memperpanjang, maka pertanyaan yang diberikan sejumlah 18 soal.

Alasan kenapa perpanjangan SIM mendapat soal lebih sedikit, karena mereka sudah mempunyai pengalaman dalam berkendara, tapi mereka juga perlu di tes ulang supaya lebih memahami kondisi dan tindakan yang diperlukan dalam berkendara.

tes psikologi SIM

Biaya Tes Psikologi SIM

Dan yang menjadi pertanyaan selanjutnya dari tes psikologi, apakah tes tersebut dilakukan secara gratis atau perlu membayar lagi? Maka jawabannya anda perlu membayar untuk melakukan tes psikologi, seperti halnya melakukan pembayaran untuk persyaratan lainnya.

Baca Juga  Cara Baru Kurangi Stress Dengan Hipnoterapi

Untuk biaya yang diperlukan, tercantum dari berbagai sumber berita bahwa terdapat pembayaran yang telah disampaikan pada pengumuman. Karena untuk sebaiknya anda menyiapkan uang kurang lebih 50ribu untuk melakukan tes psikologi SIM.

Biaya ini juga bisa saja berbeda untuk setiap daerah, karena untuk menguji tes psikologi pihak kepolisian melakukan kerja sama dengan asosiasi psikolog untuk melakukan serangkaian tes yang berhubungan dengan berkendara dan lalu lintas.

“Sebenarnya tujuan pemeriksaan aspek psikologis ini adalah untuk melihat ada atau tidaknya perilaku berisiko saat berkendara (risky driving behavior). Kemudian mengukur bagaimana persepsi dia terhadap peraturan lalu lintas,” terangnya di CNN Indonesia.

Adapun jika diantara anda terdapat yang gagal dalam melakukan tes psikologi, maka tes ini memiliki pengulangan atau remidian seperti pada zaman kita sekolah. Dimana nilai yang kurang dapat anda perbaiki dengan mempelajari dan memahami kembali kekurangan diri kita.

Lokasi dan Tempat Tes Psikologi SIM

Dalam pelaksanaan psikotes maka lokasi dan tempat tes psikologi SIM dapat diketahui atau ditanyakan kepada petugas pada saat akan membuat atau memperpanjang. Kemungkinan di setiap wilayah akan berbeda, karena itu usahakan untuk hadir lebih awal di lokasi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp WhatsApp Kami