Konsultasi Psikologi Remaja dan Permasalahannya

Konsultasi Psikologi Remaja menjadi salah satu layanan psikologi yang cukup banyak diminati, tentunya oleh sebagian para kalangan remaja atau orang tua yang memiliki anak yang berada pada usia remaja. Masa remaja merupakan sebuah rentang waktu dimana individu berada di tahap perkembangan kepribadian yang begitu kompleks. Hal tersebut terjadi ketika seorang remaja berada pada waktu dimana terdapat masa peralihan dari anak-anak ke arah dewasa. Masa remaja dibedakan menjadi 3 berdasarkan rentang waktunya, mulai dari masa remaja awal yang ada di kisaran usia antara 12 hingga 15 tahun. Kemudian disusul masa remaja pertengahan yang berada pada kisaran usia diantara 15 hingga 18 tahun, kemudian dilanjutkan masa remaja akhir yang kemudian dapat disebut sebagai dewasa awal mulai umur 18 hingga 21 tahun.

Psikologi Remaja dan Permasalahannya

Pada setiap tahapan yang berada pada rentang waktu umur tersebut, individu mengalami cukup beragam perubahan serta perkembangan yang terjadi pada individu, baik berupa perubahan fisik atau psikologi yang cukup kompleks. Berbagai perubahan secara fisik akan muncul pada setiap individu sesuai dengan tahapan masa perkembangan yang dilaluinya. Perubahan secara fisik serta perkembangan psikologi anak dan remaja wanita ataupun pria tentu saja tidak akan sama. Sebagai contoh pada seorang pria akan mulai muncul jakun dan perubahan suara, tumbuhnya rambut pada beberapa area tubuh dan perubahan lainnya. Begitu pula pada wanita dapat terlihat dari mulai berkembangnya payudara, mengalami menstruasi serta sebagainya.

Baca Juga  Cara Mendidik Anak Sejak Bayi Agar Menjadi Pintar

Konsultasi Psikologi Remaja

Perkembangan Emosi Psikologi Remaja

Secara umum ketika memasuki masa remaja, individu cenderung mengalami perkembangan kecerdasan emosional secara psikologis secara kompleks. Tidak jarang seseorang pada fase remaja menunjukkan jenis emosi yang tinggi, yang terkadang diperlihatkan dalam bentuk perilaku secara berkobar, meledak, atau juga sebaliknya juga terlihat tidak bergairah dan sering malas. Akan tetapi kondisi seperti tersebut akan mereda dan mulai pada kondisi stabil, seiring dengan bertambahnya usia. Ada cukup banyak orang tua yang kemudian melakukan konsultasi psikologi remaja untuk mengetahui bagaimana menghadapi perkembangan anak-anak remaja mereka. Berikut di bawah merupakan sebagian contoh emosi dan perilaku psikologi yang muncul pada remaja :

  • Perilaku Agresif yang diperlihatkan berupa sikap yang suka menentang , menunjukkan sifat yang keras kepala, suka konflik, melakukan pertentangan dengan lingkungan atau mengganggu yang lain.
  • Regresif yang berupa lari dari kenyataan dengan menunjukkan sikap suka melamun serta menyendiri. Pada beberapa kondisi hal seperti ini terkadang menjadikan remaja terpicu untuk mencoba atau mengkonsumsi minuman keras bahkan obat terlarang.

Pada kondisi lingkungan yang kondusif serta positif maka seorang remaja akan terbentuk perilaku dan emosi psikologi seperti beberapa contoh berikut ini :

  • Adekuasi berupa kematangan secara emosi dengan memiliki perilaku atau sikap mencintai, penuh kasih sayang, memiliki simpati dengan orang lain, suka membantu, peduli, menghargai dan sebagainya.
  • Dapat mengontrol emosi yang ada pada dirinya yang ditunjukkan berupa sikap tidak mudah tersinggung, lebih tenang serta menerima kegagalan secara bijaksana.
  • Senang mempelajari hal baru yang positif untuk mengembangkan dirinya.
  • Dan lain sebagainya
Baca Juga  Kalimat Positif Membangun Cara Berpikir Anak

Pada rentang waktu di masa remaja, kebanyakan dari mereka mulai tertarik bahkan antusias dalam pencarian jati dirinya untuk menjawab tentang sesungguhnya siapa saya sebenarnya. Dalam proses pencarian jati diri inilah kehadiran dan pendampingan orang tua sangat dibutuhkan dan penting sekali. Bahkan jika diperlukan orang tua dapat melakukan konsultasi psikologi remaja di biro psikologi terdekat. Hal ini supaya anak dapat menemukan atau memiliki model yang positif karena anak remaja cenderung memiliki dan akan meniru idolanya. Tanpa pendampingan dan kehadiran orang tua dikhawatirkan anak akan terbawa oleh pemahaman atau pergaulan yang tidak positif atau salah, yang tentu saja akan berdampak kurang baik pada perkembangan psikologi remaja mereka.

Konsultasi Psikologi Remaja Terdekat

Masa remaja merupakan masa yang sangat indah namun cukup penting dan menentukan dalam pembentukan diri seseorang. Untuk mewujudkannya remaja tentu saja sangat membutuhkan pendampingan dalam setiap fase yang mereka jalani dalam proses pengenalan dan pembelajarannya.

Karena itu jika Anda sebagai orang tua maupun para remaja saat ini sedang membutuhkan layanan konsultasi psikologi remaja silahkan menghubungi Biro Psikologi Laksita Educare melalui WhatsApp di nomor 08170434500 atau klik https://go.lei.co.id/wa

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp WhatsApp Kami