Beberapa Ciri Seorang Pemimpin, Andakah Orangnya ?

Mungkin anda pernah membaca, melihat atau bahkan mungkin berdebat mengenai “Apakah seorang pemimpin dilahirkan atau dibentuk?” Hal tersebut hingga kini masih menjadi sebuah pertanyaan yang memicu banyak perdebatan dalam dunia leadership. Terlebih dalam sebuah organisasi atau perusahaan seorang pemimpin akan menjadi yang terdepan dalam sebuah kegiatan, atau memunculkan potensi tim yang dia pimpin. Dan perlu diketahui bahwa beberapa ciri seorang pemimpin tidak selalu muncul dari seseorang yang telah memiliki jabatan seorang pimpinan. Tidak jarang beberapa ciri seorang pemimpin justru muncul dari jabatan yang tidak terlalu mencolok.

Dalam pemahaman yang lain ada yang meyakini jika seorang pemimpin sejati muncul dan dilahirkan secara alami, memiliki jiwa karismatik, berpengaruh, dan menginspirasi orang-orang serta telah ditakdirkan untuk menorehkan prestasi. Namun jika kita perhatikan secara umum pemimpin tersebut muncul dengan mempunyai beberapa ciri ketika hidupnya. Berikut ini beberapa ciri seorang pemimpin berupa 7 tanda yang umum ditunjukkan oleh seorang berjiwa pemimpin. Apakah anda memiliki beberapa diantaranya ?

Beberapa ciri seorang pemimpin

Beberapa Ciri Seorang Pemimpin

Senantiasa melihat bagian positif dari seseorang

Tanpa kita sadari tidak jarang ketika kita sedang ngobrol dengan sesorang kita cenderung lebih cepat menyadari kelemahan lawan bicara kita. Namun bagi seorang pemimpin maka dia juga akan mampu mengetahui sisi positif yang menjadi kelebihan lawan bicaranya. Kemampuan seperti inilah yang akan menjadi modal hebat bagi seseorang pemimpin ketika dia harus membagi atau mendelegasikan tugas kepada tim yang dia pimpin. Dia akan mampu mengarahkan anak buah dengan baik sesuai kelebihannya masing-masing sehingga hasil pekerjaan atau tugas dapat berhasil dengan baik.

Seorang pendengar yang baik

Walaupun jabatan yang dia miliki tidak berada dalam jajaran pimpinan, namun individu yang mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik akan menjadikan dirinya sebagai seorang pendengar yang baik. Ketika dalam sebuah percakapan dia akan selalu tahu bagaimana menempatkan dirinya, kapan harus bicara serta kapan harus diam untuk mendengarkan.

Memiliki komunikasi yang baik

Bisa dipastikan bahwa individu yang berjiwa pemimpin merupakan seorang komunikator yang hebat. Dengan kemampuan menjadi seorang pendengar yang baik, pribadi seperti ini juga tahu bagaimana cara untuk mengungkapkan ide, gagasan, serta pemikirannya mengenai sesuatu dengan baik.

Tampil dengan percaya diri

Seorang berjiwa pemimpin tampil secara jelas sesuai dengan bagaimana cara dia memandang dirinya. Dia sangat tahu pasti dengan baik siapa dan bagaimana dirinya, apa saja kelebihan serta kekurangannya, dan bagaimana dia menggunakan kelebihan tersebut. Dengan begitu dia akan mampu selalu tampil dengan percaya diri yang tinggi setiap saat.

Selalu berpikir optimis dan realistis

Individu dengan jiwa kepemimpinan akan tahu benar takaran atau ukuran dalam menentukan sebuah pencapaian. Karena itu dia tidak akan menetapkan sebuah target yang terlalu tinggi serta berpeluang kecil untuk di capai. Namun dia akan menetapkan takaran target tinggi yang realistis, dengan demikian dia tahu benar bagaimana dia akan berusaha maksimal untuk mencapainya dengan sikap optimis.

Menghargai kesuksesan orang lain

Individu dengan jiwa pemimpin adalah orang yang akan ikut berbahagia ketika orang lain mencapai keberhasilan. Apalagi jika keberhasilan itu di capai oleh anak buahnya dan ikut serta merayakan keberhasilan itu bersamanya. Ia tidak akan segan untuk memuji dan mengakui, merangkai kalimat untuk memotivasi akan prestasi dari orang-orang yang ada di sekitarnya.

Selalu belajar

Ada pepatah yang mengatakan bahwa pengalaman merupakan guru yang baik, begitu juga bagi seseorang yang berjiwa pemimpin. Dia akan menganggap bahwa proses pembelajaran akan berlangsung seumur hidup terutama dari apa yang telah dia dan orang lain jalani selama ini dan menjadikannya pelajaran berharga. Dia akan menyukai sgala hal yang baru dan tidak enggan untuk berkorban serta berinvestasi untuk mempelajari hal baru tersebut.

Dari beberapa ciri seorang pemimpin di atas tadi mungkin beberapa diantaranya melekat pada diri anda. Atau jika anda melihat ciri tersebut di sekitar anda maka jangan ragu memberikan promosi kepadanya untuk menjadi seorang pemimpin yang disukai di dalam sebuah tim.

Artikel Terkait

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − 16 =

WhatsApp chat WhatsApp Kami