Proses Rekrutmen Karyawan Yang Efektif

Rekrutmen karyawan adalah kegiatan yang mutlak harus dilakukan oleh perusahaan karena perusahaan selalu membutuhkan karyawan untuk menjaga agar aktivitas perusahaan yang bersangkutan tetap lancar. Namun, tidak semua proses rekrutmen karyawan bisa efektif dan dapat membantu perusahaan dalam menemukan karyawan yang cocok untuk perusahaan tersebut. Karena itulah dibutuhkan proses rekrutmen karyawan yang efektif untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan keinginan perusahaan.

Proses rekrutmen karyawan di suatu perusahaan harus diusahakan agar efektif. Pasalnya, banyak waktu, tenaga serta biaya yang bisa terbuang jika proses rekrutmen karyawan tidak efektif. Karena itulah proses rekrutmen karyawan harus dipikirkan agar seefektif mungkin sehingga tidak ada sumber daya yang terbuang sia-sia.

proses rekrutmen karyawan yang efektif

Proses Rekrutmen Karyawan Yang Efektif

Proses rekrutmen karyawan yang efektif bisa dicapai dengan melakukan beberapa hal misalnya mengidentifikasi jabatan yang kosong atau lowong diperusahaan dan jumlah tenaga kerja yang diperlukan sebagai langkah awal. Dengan menerapkan langkah awal tersebut, proses rekrutment karyawan yang efektif akan dapat dicapai karena sejak awal mulai dari proses pemindahan karyawan ke posisi lain, pensiun yang direncanakan, pengunduran diri atau karena PHK, perusahaan memulai proses rekrutmen karyawan. Dengan begitu, waktu yang terbuang bisa lebih sedikit dan berapa jumlah tenaga kerja yang lowong dari berbagai posisi atau jabatan bisa segera terisi.

Setelah mengidentifikasi jabatan yang sedang kosong dan berapa jumlah tenaga yang diperlukan, perusahaan bisa memilih metode rekrutmen karyawan yang paling tepat untuk jabatan yang sedang kosong, menentukan kandidat atau calon karyawan yang tepat untuk kemudian dipanggil ke perusahaan. Metode rekrutmen karyawan yang paling tepat bisa dipilih misalnya lewat iklan, walk-ins dan write-ins, employee referrals, lembaga pendidikan, organisasi buruh dan lain-lain. Metode tersebut bisa dipilih yang sesuai dengan perusahaan dan bisa lebih dari satu metode. Setelah mengumpulkan kandidat, perusahaan bisa memilih kandidat karyawan untuk kemudian memanggilnya ke perusahaan untuk disaring dan diseleksi. Kandidat yang terpilih kemudian bisa disiapkan penawaran kerja. Proses rekrutmen karyawan yang efektif sangat berguna dalam suatu perusahaan sehingga harus diterapkan.

Dalam pelaksanaan proses rekrutmen karyawan sebaiknya melalui tahap psikotes untuk memperoleh karyawan yang sesuai dengan psosisi yang dibutuhkan. Untuk itu Anda dapat menggunakan layanan jasa rekrutmen karyawan untuk perusahaan biro psikologi Laksita Educare Insight.

Tag :

proses rekrutmen yang efektif,

Artikel Terkait

About the Author: Triana Ambarwati S.Psi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 1 =

WhatsApp chat WhatsApp Kami